Sangat sulit untuk memperkenalkan  agama sejak dini pada nak-anak saat ini karena anak-aak saat ini faktanya lebih banyak tertarik untuk melakukan aktivitas yang modern dan menyenangkan  seperti bermain game online.  Sedangkan dasar agama adalah hal yang sangat penting untuk di kenalkan dan ditanamkan pada anak sedini mungkin. Tiang agama yang kuat akan membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang baik dan mampu bertanggung jawab pada semua hal yang mereka lakukan selama hidup mereka. Ini adalah pekerjaan yang sangat berat bagi orang tua untuk mulai mengajarkan tentang AL-Qur’an yang menjadi salah satu pedoman hidup bagi anak saat menjalankan kedupan mereka yang sangat panjang karena  itu sejak awal orang tua harus mulai mengenalkan hal dasar yang berhubungan dengan AL-Qur’an karena jika anda mengajarkan sejak kecil akan membuat anak memiliki memori yang sangat baik tentang apa yang orang tua ajarkan sejak mereka kecil. Mulai saja dengan mulai mengenalkan  jumlah surat dalam alquran dan membuat anak mau membaca, menghafal dan memahami makna yang ada di dalam setiap surat yang ada di dalam AL-Qur’an sebagai bekal untuk masa depan mereka nantinya karena untuk kondisi pergaulan bebas dan moralitas yang semakin merosot seperti saat ini bekal agama adalah salah satu bekal terakhir yang akan menyelamatkan masa depan anak.

pixabay.com

Pentingnya Mengajarkan Jumlah Surat Dalam Alquran Pada Anak

Untuk jumlah surat dalam alquran sendiri ada 114 surat dari 30 juz yang ada di dalam AL-Qur’an. Semua surat yang ada di dalam AL-Qur’an memiliki jumlah ayat 6321 ayat yang di dalamnya memiliki banyak pelajaran moral  yang sangat bagus bagi anak. Sebagai orang tua anda dapat mengenalkan anak anda tentang surat-surat yang berisi tentang sopan santun dan abad dalam bersikap di hadapan orang lain karena itu adalah hal yang memang sejak awal memang harus di kenal oleh anak anda. Kemudian kenalkan pada ayat-ayat yang menjelaskan tentang apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Mengajarkan anak untuk memiliki control diri yang baik dan bertanggung jawab dengan semua yang dilakukan adalah hal yang akan membuat anda akan mampu berpikir panjang dalam mengambil tindakan dan ada banyak ayat di dalam AL-Qur’an yang menjelaskan tentang tindakan apa yang di larang dan tindakan apa yang dapat dilakukan oleh anak. Anda juga dapat mengenalkan beberapa ayat yang berhubungan dengan kisah para Nabi sehingga anda bisa mengajak anak untuk belajar dari  kisah para Nabi yang selalu memiliki ketaqwaan kepada Allah dan selalu menjadi orang yang bersyukur dan bersabar pada semu hal yang terjadi dalam hidup mereka. Ini akan membuat anda bisa mulai meniru sifat baik yang dimiliki oleh para Nabi apalagi masa kanak-kanak adalah masa yang sangat sempurna untuk meniru apa yang dilakukan orang lain. Surat AL-Qur’an yang berisikan hal tersebut dapat mulai anda ajarkan kepada anak anda agar memiliki pondasi moral dan sifat yang baik dan sesuai dengan yang di harapkan dari seorang muslim.

unsplash.com

Strategi Mengajak Anak Mengenal Surat Dalam  Al-Qur’an

Contohnya anda dapat mengenalkan anak dengan surat al an’am dengan cara mengajak anak untuk mengaji bersama dan bukan hanya sekedar membaca ayat saja namun anda juga harus mengajak anak untuk belajar tentang arti atau makna yang ada di dalam ayat ini. Kemudian berikan jadwal hafalan bagi anak secara rutin untuk menghafal surat-surat yang ada di dalam AL-Qur’an dan beserta makna yang ada di dalamnya. Anda juga dapat mengajarkan anak tentang makna yang ada di dalam surat-surat yang ada di AL-Qur’an dengan menggunakan bahasa yang mudah di pahami atau menggunakan contoh yang bisa di terima dengan mudah oleh logikan anak anda. Terakhir jangan lupakan juga untuk selalu memberikan penghargaan bagi anak yang berhasil menghafal surat yang ada di dalam AL-Qur’an seperti anda yang akan memberikan bintang pada anak yang berhasil menghafal satu surat dan jika telah terkumpul banyak bintang anak anda bisa meminta sesuatu yang mereka inginkan dengan cara ini anak-anak akan lebih semangat untuk menghafal surat yang ada di dalam AL-Qur’an dan juga tidak akan merasa di paksa atau tertekan meskipun mungkin di awal anda memberlakukan cara ini akan membuat anak anda berontak dan mungkin tidak akan mudah untuk meyakinkan mereka untuk melakukan hal tersebut karena memang menghafal semua ayat di dalam AL-Qur’an bukan hal yang mudah.

unsplash.com

Sifat dan sikap yang dimiliki oleh anak ini tergantung pada bagaimana cara orang tua dalam mendidik. Jika orang tua sangat sadar jika pondasi agama adalah hal yang sangat penting bagi anak maka anda bisa melakukan atau menerapkan aturan agar anak mampu menghapal semua surat yang ada di dalam AL-Qur’an  meskipun memang jumlah surat dalam alquran  sangat banyak namun jika anda melakukan cara ini dengan konsisten pada anak maka sangat mungkin bagi anak untuk dapat memahami dan mengenal semua surat yang ada di dalam AL-Qur’an yang nantinya akan menjadi bekal dalam menjalankan hidup mereka.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *