Hikmah Aqiqah Menurut Islam

Kelahiran sang buah hati di dunia merupakan anugerah yang terindah dari Allah SWT. Sebab anak adalah titipan dan jalan rezeki untuk kedua orang tua kelak dan kehadiran anak juga menjadi dambaan bagi setiap pasangan suami istri, karena dengan kehadiran sang buah hati menyempurnakan kehiduan keluarga. Dengan mewujudkan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT karena telah diberikan kepercayaan untuk merawat sang buah hati dilakukan dengan cara aqiqah.

Aqiqah menurut bahasa mempunyai arti yaitu memutus atau memotong, sedangkan menurut istilah syar’i, aqiqah itu sendiri adalah menyembelih kambing untuk anak yang baru lahir. Untuk hukumnya menurut Jumhurul Ulama yaitu sunnah muakad atau sunnah yang dianjurkan.

Dalam pelaksanaan aqiqah ada beberapa pendapat ulama menyetujui pada hari ke tujuh dari hari kelahiran sang bayi. Akan tetapi sebagian besar dari yang lain dapat diizinkan untuk melakukan pada hari ke empat belas atau dua puluh satu. Untuk jumlah penyembelihan kambing aqiqah setiap anak laki-laki dan anak perempuan anak berbeda, jika untuk anak laki – laki haruslah menyembelih dua ekor kambing, sedangkan untuk anak perempuan hanya satu ekor kambing.

Manfaat dari aqiqah untuk orang lain yaitu: yang pertama, memberikan kabar atau berita baik tentang kelahiran sang buah hati kepada saudara, kerabat dan tetangga dengan memberikan informasi tentang nasab anak tidak menjadi prasangka buruk oleh para tetangga. yang kedua, mencerminkan sikap yang murah hati dan dermawan.

Yang ketiga, untuk mengikuti jejak Nabi Ibrahim yang akan menyembelih Ismail lalu diganti dengan domba. Yang keempat, sebagai bentuk ataupun wujud syukur kepada Allah SWT seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim. Selanjutnya yang kelima, untuk melepaskan status anak yang tergadai karena hal ini anak yang baru dilahirkan jika tidak di aqiqahi maka statusnya tergadai, oleh karena itu jika tergadai berarti harus menebus terlebih dahulu agar mendapat manfaatnya.

Hikmah Aqiqah Menurut Islam

Pixabay.com

Adapun hikmah yang didapat dari Allah SWT untuk yang melaksanakan aqiqah untuk sang buah hati, berikut hikmah aqiqahnya:

  1. Pembebasan bayi yang baru dilahirkan

Hikmah aqiqah salah satunya yaitu bayi dibebaskan dari rintangan dan gangguan. Baik itu dilepaskan dari status yang tergadai, maupun dari gangguan rambut yang dibawa saat lahir.

Melalui proses pemotongan atau pencukuran kepala bayi akan menjadi bersih dari segala najis dan kotoran yang menempel di rambut saat proses kelahiran. Indra bayi akan lebih baik saat bekerja untuk menerima stimulasi dari lingkungan. Jadi saat rambut dicukur maka akan berganti dengan yang lebih kuat.

  1. Menyambut kehadiran bayi sesuai tuntunan Islam

Sebelum Islam mengatur tentang aqiqah, secara tradisi turun temurun telah dilakukan untuk penyambutan bayi yang baru lahir. Pada saat upacara jahiliyah tersebut, orang tua akan menyembelih kambing dan mengusapkan darah kambing tersebut  ke bagian kepala bayi.

Namun sekarang tradisi tersebut dihentikan pada saat Islam hadir dan mengatur tata cara aqiqah yang berupa pemotongan kambing atau domba dan pencukuran rambut sang bayi. Dengan cara seperti itu, menyambut kehadiran sang bayi dengan aqiqah menjadi sebuah jalan yang baik dan benar sesuai dengan tuntunan Islam.

  1. Momen menjalin ukhuwah dan sedekah

Setelah proses pemotongan kambing, selanjutnya daging kambing dianjurkan untuk dibagikan ataupun disedekahkan kepada orang-orang. Maka untuk olahan dari daging kambing itu sendiri dapat disajikan kepada keluarga,kerabat, dan tetangga yang ingin melihat serta mendoakan sang bayi maupun dibagikan masyarakat sekitar. dengan seperti itu anda mendapat hikmah dua sekaligus yaitu berkah syukur nikmat telah bersedekah dan menjalin ukhuwah atau silaturahim.

  1. Tahadduts bin ni’mah

Hikmah aqiqah ini yaitu memberikan kabar gembira terkait kelahiran sang bayi. Dalam aqiqah pihak keluarga dapat berbagi kebahagiaan kepada orang lain dan bersyukur karena telah di beri nikmat kelahiran sang bayi dengan cara membagikan daging kambing aqiqah. Dengan melakukan aqiqah baik langsung atau tidak langsung dapat memberi tahu mengenai nasab bayi yang baru lahir.

  1. Memberikan doa yang baik kepada sang bayi

Pixabay.com

Doa yang baik dari orang-orang yang menengok atau yang menerima daging kambing aqiqah, akan mengalir untuk sang bayi yang baru lahir. Karena doa tersebut tentu memberikan kekuatan yang mungkin tidak dapat dibayangkan oleh akal pikiran. Bagaimanapun yang diyakini tidak akan menimbulkan kecewa kepada siapapun yang berharap kepada Allah SWT.

Jadi, dapat disimpulkan dari penjelasan di atas bahwa aqiqah memberi pengaruh besar terhadap sang bayi dan kedua orang tua. Selain dapat membebaskan dari status anak yang tergadai, menyambut kehadiran sang buah hati, menjalin silaturahim dengan orang lain, kerabat, dan juga tetangga dengan memberi kabar yang bahagia dan membantu memberikan daging aqiqah kepada fakir miskin, kerabat, orang lain dan juga tetangga.

Aqiqah itu sendiri mempunyai hikmah yang sangat luar biasa, karena merupakan bentuk syukur atas anugerah yang diberikann Allah kepada hambanya dengan hadirnya sang buah hati dalam kehidupan keluarganya.  Jika anda ingin mengaqiqahkan sang buah hati sebaiknya menggunakan jasa layanan catering aqiqah sidoarjo yang sudah terpercaya di aqiqahsakinah.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *