Anda sering mencari-cari mangga garifta merah? Jangan khawatir mangga jenis ini sudah banyak dijual di pasaran seiring dengan permintaannya yang cukup tinggi. Buah mangga merah ini memang sangat digemari dan banyak dicari-cari oleh banyak kalangan, karena memang rasanya yang juara. Rasanya dominan manis dan memiliki daging buah paling harum, lebih harum dari mangga arumanis.

Dibandingkan dengan mangga jenis lainnya, varietas mangga ini memang memiliki banyak kelebihan. Bukan hanya dari segi rasa, tapi juga secara kualitas tak main-main. Tak heran, jika banyak yang cari. Namun, tahukah Anda, jenis mangga merah ini sebetulnya bisa dikatakan bentuk penyempurnaan dari mangga arumanis lho!

Pengembangan mangga ini awalnya dari penanaman bibit di Desa Cukurgondang, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Buah ini merupakan hasil persilangan dari beberapa mengga lokal yang memiliki kualitas super, termasuk juga mangga arumanis. Saking berkualitasnya, mangga ini sudha memiliki SK dari Kementerian Pertanian dan biarpun mahal, banyak dicari-cari orang.

Ciri-ciri dan Keunggulan Mangga Merah

Mangga merah memiliki beberapa ciri yang bisa Anda kenali pada saat ingin membelinya, seperti bentuknya lonjong dan berparuh, panjangnya antara 14 – 16,5 cm dengan berat kisaran 220 – 320 gram, memiliki aroma harum yang sangat kuat, permukaan buahnya sangat halus, warna dagingnya kuning kemarahan, serta memiliki tekstur yang lembut dan berserat halus.

Bukan hanya ciri fisiknya saja yang menjadikan buah ini primadona, melainkan juga keunggulannya yang tak terkalahkan dari jenis mangga lainnya. Berikut ini beberapa keunggulan mangga merah:

  • Warnanya yang menarik dan eksotik menjadi magnet bagi sejumlah pasang mata untuk melihatnya
  • Rasanya lebih manis dan aromanya lebih harum dari mangga jenis apapun
  • Bisa dijadikan tanaman koleksi tabulampot
  • Bisa tumbuh maksimal di dataran rendah hingga 3000 mdpl
  • Memilki daya simpan yang cukup lama pada suhu kamar setelah dipanen, yaitu sekitar 7 hingga 10 hari sejak masa panen.

Itulah tadi sekilas tentang mangga garifta merah yang merupakan primadona dari semua varietas mangga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *