Cara Mengatasi Anak Tersedak

 

Walaupun terlihat sepele tersedak pada anak-anak juga bisa berakibat fatal. Karena ketika anak tersedak saluran napas akan tertutup sehingga membuat kesulitan bernapas.

Cara mengatasi nya pun berbeda antara tersedak yang terjadi pada orang dewasa dan anak-anak. Dibawah ini adalah cara mengatasi anak tersedak yang harus dilakukan orang tua.

Hindari menggendong atau mengangkat anak

Jika kita melihat anak-anak tersedak maka harus menghindari kedua hal tersebut. Ini dikarenakan makanan yang masuk ke tenggorokan akan menuju ke paru-paru anak. Dan ini akan sangat berbahaya dan akibatnya bisa fatal  karena anak tidak bisa bernafas.

Periksa mulutnya

Ketika melihat anak tersedak usahakan jangan panik. Lebih baik segera memeriksa  mulutnya apakah anak kemasukan benda-benda asing yang tersangkut di tenggorokan. Jika iya maka yang harus kita lakukan adalah mengambil benda asing tersebut dengan tangan secara perlahan.

Jangan memberikan minum saat anak tersedak

Karena tersedak pada anak berbeda dengan orang dewasa. Jika orang dewasa tersedak makan cukup minum air putih. Tetapi jika anak-anak tersedak hindari hal tersebut.

Ini dikarenakan air putih malah akan mendorong masuk benda asing kedalam paru-paru. Sebaiknya berikan air putih saat anak sudah mulai bisa bernapas secara teratur.

Lakukan dorongan pada bagian dada

Cara mengatasi tersedak pada anak berikutnya adalah dengan melakukan dorongan kecil pada bagian dada anak. Caranya yaitu dengan merebahkan  tubuhnya terlentang dan menggoreng bagian lengan bawah.

Untuk posisi kepala anak lebih rendah dari bagian dada. Kemudian orang tua meletakkan tiga jarinya tepat pada bagian tengah dada. Lalu tekan 1.5 inci ke bagian ke atas ( tenggorokan). Sebaiknya lakukan dorongan keatas sebanyak lima kali.

Lakukan teknik Heimlich Maneuver

Teknik heimlich maneuver ini bisa kita coba untuk mengatasi anak tersedak pada usia diatas satu tahun. Cara menggunakan teknik ini adalah dengan melakukan posisi berdiri atau berlutut di belakang anak. Setelah itu melingkarkan kedua tangan kita pada bagian tubuh anak. Berikutnya adalah dengan membuat Sebuah kepalan lalu letakkan sedikit di atas pusarnya. Tekanlah kepalan tangan kita dengan tangan yang lain. Berikutnya adalah dengan menghentakkan bagian atas secara cepat.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan orang tua ketika menjumpai anak tersedak. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *