Tempat Yang Terdampak Pemanasan Global

Mendengar istilah pemanasan global tentu bukan hal asing lagi ditelinga kalian. Pemanasan global atau yang lebih dikenal dengan istilah global warming merupakan sebuah perisitiwa dimana suhu permukaan bumi menjadi semakin penas.

Pemanasan global yang terjadi sekarang ini perlu mendapatkan perhatian khusus. Pasalnya dampak yang diakibatkan pemanasan global tidak bisa dianggap remeh. Bukan hanya bisa menggangu kehidupan manusia saja tetapi keberlangsungan hidup hewan dan tumbuhan juga berada di ujung tanduk.

Hal itu tentu tidak lepas dari semakin meningkatnya suhu permukaan bumi dari waktu ke waktu. Dengan suhu permukaan bumi yang semakin panas membuat banyak hal yang tidak terduga bisa saja terjadi.

Salah satunya adalah mencairnya es yang ada di kutub, dengan banyaknya es yang mencair di kutub tentu hal tersebut akan berdampak terhadap permukaan air laut yang menjadi semakin tinggi.

Selain es di kutub yang mencair,  pemanasan global juga mempengaruhi beberapa tempat atau daerah lainnnya juga. Adapun beberapa daerah atau tempat yang terkena dampak buruk akibat perisitiwa pemanasan global yang kami dpatkan informasinya dari web Hidupsimpel sebagai berikut.

pexels.com

Glacier National Park, Montana

Salah satu tempat yang akan terkena dampak adanya pemanasan global adalah Galcier National Park, Montana. Lokasi Glacier National Park berada di perbatasan antara negara Amerika Serikat dan negara Kanada.

Setiap tahunnya tempat yang satu ini dikunjungi jutaan wisatawan yang berasal dari berbagai negara termasuk negara Indonesia. Salah satu daya tarik Glacier National Park adalah pemandangannya yang begitu indah.

Dengan pemandangannya yang begitu indah maka tidak heran jika banyak wisatawan dari jauh yang rela datang ke Glacier National Park. Namun dengan adanya pemanasan global yang terjadi hal itu bisa mengganggu tempat yang satu ini.

Pasalnya banyak glacier di Glacier National Park yang mulai mencair. Selain glacier yang mencair, dengan adanya pemansan global tentu akan mempengaruhi hewan dan tumbuhan yang ada disana.

Great Barrier Reef, Australia

Adapun tempat lain yang juga terdampak pemanasan global adalah Great Barrier Reef. Tempat yang satu ini berada di wilayah negara Australia tepatnya di bagian timur laut pantai Australia.

Great Barrier Reef merupakan tempat yang dipenuhi dengan terumbu karang atau terumbu karang terbesar yang ada di dunia. Wilayah Great Barrier Reef membentang luas sejauh 1400 mil yang dipenuhi berbagai biota laut.

Setiap tahunnya banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Di Great Barrier Reef wisatawan dapat menikmati keindahan terumbu karang beserta ikan dan juga biota laut lainnnya yang hidup disekitar terumbu karang.

Namun sayangnya karena suhu laut yang semakin meningkat dari waktu ke waktu yang dikibatkan pemanasan global. Hal itu menyebabkan tidak sedikit terumbu karang yang mengalami kerusakan.

Kerusakan terumbu karang yang terjadi di Great Barrier Reef ditandai dengan terumbu karang yang berwarna putih. Dengan terumbu karang yang rusak tentu akan berdampak terhadap biota laut yang tinggal pada terumbu karang tersebut.

pexels.com

Maldives

Mendengar kata maldives tentu yang dipikirkan sebagain orang adalah tempat yang romatis dan indah. Tempat yang satu ini berada di Samadra Hindia yang dipenuhi dengan pulau-pulau kecil yang indah.

Tempat yang satu ini merupakan salah satu tempat favorit bagi wisatawan yang ingin menghabiskan liburan dengan keluarga. Pasalnya tempat ini menyediakan rumah-rumah kecil yang berjejer di pinggir pantai yang didukung dengan pemandangan laut yang sangat indah.

Dengan mencairnya es dikutub akibat pemansan global, hal tersebut juga mengancam keberadaan tempat yang satu ini. Pasalnya dengan mencairnya es yang ada di kutub hal itu menyebabkan permukaan laut menjadi semakin tinggi.

Dengan semakin tingginya permukaan air laut, hal itu dikhawatirkan dapat menenggelamkan tempat wisata yang satu ini.

Pasalnya Maldives merupakan negara terendah yang ada didunia, karena ketinggiannya hanya sekitar 1,3 meter dari permukaan air laut.

Pegunungan Alpen

Tempat lainnya yang terancam keberadaanya karena pemanasan global adalah Pegunungan Alpen. Pegunungan Alpen merupakan salh satu pegunungan yang terbesar didunia, pasalnya pegunungan yang satu ini membentang di delapan negara yang ada di Eropa.

Pegunungan Alpen biasanya dikunjungi oleh wisatawan yang menyukai olahraga ski. Pasalnya banyak lereng yang ada di Pegunungan Alpen. Namun tidak sedikit pula wisatawan yang datang untuk sekedar menikmati keindahan dan suasana Pegunungan Alpen.

Akibat adanya pemansan global banyak lereng di Pegunungan Alpen yang mencair. Hal tersebut membuat banyak oemain ski yang kesulitan untuk mencapai lereng salju Pegunungan Alpen.

Jika pemanasan global tidak cepat diatasi bukan tidak mungkin banyak lereng Pegunungan Alpen yang akan mencair.

Itulah informasi mengenai beberapa tempat yang ikut terdampak akibat pemanasan global. Apabila pemanasan global tidak cepat ditangani atau diminimalisir bisa saja tempat-tempat tersebut akan mengalami banyak perubahan.

Untuk membantu memninimalisir pemanasan global, hal itu bisa dilakukan dengan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. Selain itu menghemat penggunaan listrik juga bisa menjadi cara yang cepat untuk menangani masalah pemanasan global. Selain itu menanam pohon atau tumbuhan sebanyak mungkin juga bisa menjadi cara yang tepat dalam menangani pemanasan global.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *