Kari Ayam Khas India

Kari ayam merupakan salah satu varian olahan daging yang cukup sang populer di berbagai daerah di dunia terutama di India dan Indonesia yang memiliki bumbu rempah-rempah yang berciri khas khusus. Kari pun juga sering dimasak oleh beberapa negara yang akhirnya mulai menciptakan modifikasi resep sendiri untuk setiap negara. Resep kari ayam yang sudah dimodifikasi pada setiap negara memiliki kenuikan tersendiri serta bahan masakan dan bumbu rempah-rempah yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Jadi kemungkinan sensai dari kari Jepang atau pun kari India akan sangat berbeda atau mungkin tidak cocok dengan lidah orang Indonesia. Dan akhirnya resep masakan kari ayam dimodifikasi sesuai dengan lidah orang dari negara masing-masing.

Rasa masakan kari ayam pun akan sangat berbeda dengan kari yang ada di Indonesia. Contohnya kari ayam Jepang yang memiliki keunikan pada masakannya yakni, kuah kental berwarna kecoklatan yang dipadukan dengan bahan masakan tambahan seperti, kentang, wortel, tomat, dan lain sebagainya. Dan sampai sekarang ini kari ayam menjadi menu utama untuk perjamuan makan besar di beberapa daerah di Indonesia.

Bagaiamana Sejarah Asal Muasal Kari Ayam?

Kari sendiri merupakan jenis masakan yang menggunakan bumbu-bumbu rempah yang memiliki cita rasa kuat dan sensai pedas. Sebelum menjadi salah satu masakan yang digemari oleh banyak orang di Asia dan Eropa, dulunya kari merupakan makanan khas asli dari Asia Selatan, yakni berasal dari negara India. Dan akhirnya kari pun mulai dikenal oleh banyak orang dan menyebar ke seluruh penjuru dunia. Tentunya masakan ini lahir karena India merupakan salah satu negara yang memiliki bumbu rempah-rempah berciri khas kuat dan sangat tajam.

Bumbu yang biasanya digunakan pada masakan kari antara lain, ketumbarm kunyit, merica, cabai, bubuk paprika, jintan, kayu manis, kapulaga, kelabet, bunga lawang, daun salam koja, dan cengkeh. Namun, sekarang bumbu rempah-rempah yang digunakan pada masakan kari disesuaikan dengan jenis kari dari asal negara tersebut. Nama kari diambil dari bahasa Dravida yang berarti sayuran dalam saus. Dan dari bahasa India selatan kari memiliki arti yang lebih spesifik yakni lauk seperti daging dan sayuran yang dimakan dengan menggunakan nasi atau pun roti. Dan akhirnya kari ayam pun menjadi salah satu varian olahan daging yang dipadukan dengan kuah kental.

pexels.com

Bahan Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Pembuatan Kari Ayam Khas India?

Untuk bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatannya, bisa dengan click here sarahjanebdwell.com/ untuk info lebih lengkap.

  • Daging ayam segar sekitar kurang lebih 500 gr yang sudah dicuci hingga bersih,
  • Tomat dengan ukuran sedang sebanyak 3 buah, dicuci dan dipotong-potong menjadi dua bagian,
  • Bawang merah 5 butir, dicuci dan diiris-iris dengan tipis-tipis,
  • Cabai hijau 2 buahm dan bisa ditambah atau pun dikurangi sesuai dengan selera, lalu dipotong-potong,
  • Kayu manis 2 batang,
  • Kentang yang sudah dikupas 2 buah dan dipotong dadu, akan lebih baik jika memilih kentang masih bagus dan tidak bergelombang agar mudah untuk bisa dikupas dengan cepat dan praktis,
  • Cengkeh 2 butir,
  • Bubuk cabai merah 1 sendok makan,
  • Jahe 1 ruas jari dan dihaluskan, atau bisa dengan menggunakan jahe bubuk instant,
  • Bawang putih 3 butir, dicuci dan diiris-iris menjadi tipis,
  • Bubuk kunyit 1 sendok teh,
  • Air kurang lebih 1 gelas,
  • Garam secukupnya,
  • Gula pasir secukupnya,
  • Minyak goreng secukupnya.
pexels.com

Bagaimana Cara Membuat Olahan Kari Ayam Khas India?

  • Langkah awal dalam pembuatan kari ayam khas India adalah dengan memastikan bahwa bahan-bahan telah disiapkan dengan sempurna dan tidak ada yang terlewat sama sekali. Setelah dirasa semuanya benar-benar lengkap, maka kamu bisa dengan memulai memanaskan panci resto dan mulai untuk proses memasak.
  • Langkah yang kedua adalah dengan memasukkan minyak goreng secukupnya ke panci presto/pressure cooker. Pastikan minyak yang dituangkan kedalam panci presto benar-benar panas dan siap untuk dimasukkan bumbu. Selanjutnya adalah dengan memasukkan cengkeh serta kayu manis kedalam panci presto. Lalu, aduk dan masak hingga memunculkan bau yang harum dengan menggunakan nyala api kecil.
  • Langkah yang ketiga adalah dengan memasukkan semua bumbu-bumbu yang sudah disiapkan sebelumnya, seperti bawang merah, bawang putih, dan jahe. Aduk rata hingga berwarna cukup keemasan dan meresap. Lalu masukkan juga tomat dan cabai hijau serta mengaduknya sampai rata.
  • Langkah yang keempat adalah dengan memasukkan bumbu selanjutnya, yakni bubuk kunyit, bubuk cabai, garam secukupnya, dan gula secukupnya sambil diaduk hingga merata dan mengetes rasa dari bumbu yang sudah dimasukkan kedalam panci presto. Setelah dirasa bumbunya pas dan enak, maka kamu bisa dengan memasukkan daging ayam yang sudah disiapkan sebelumnya dan menambahkan air. Aduk-aduk hingga bumbu meresap dengan sempurna pada ayamnya.
  • Langkah yang kelima adalah dengan menutup panci presto dan menunggu hingga masak selama kurang lebih 15 menit lamanya. Dan setelah matang kamu bisa memasukkan kentang yang sebelumnya sudah dipotong-potong serta menambahkan air secukupnya. Lalu, masak dengan menggunakan api sedang.
  • Langkah yang terakhir adalah mengaduk-aduk masakan tersebut hingga matang dan mendidih dengan sempurna sampai meresap bumbu-bumbunya kedalam daging ayam. Dan kari ayam khas India pun siap untuk disajikan. Sebaiknya kari ayam disajikan selagi masih hangat agar menambah kenikmatan dan kelezatan ketika memakannya.

Mungkin bagi kamu yang ingin mencoba resep olahan kari ayam khas India bisa dengan menambahkan bahan tambahan seperti kerang, ikan laut yang dipotong-potong, cumi-cumi, atau pun sayuran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *