2 Resep Memasak Ayam Ala Korea

Masakan ala Korea hingga saat ini masih berkembang di Indonesia. Bahkan di beberapa kota di Indonesia masih banyak yang memulai bisnis masakan-masakan Korea.

Masakan-masakan Korea yang selalu terlihat di drama dan reality show berusaha dihadirkan oleh penggiat-penggiat dan pebisnis kuliner Indonesia. Mulai mempelajari langsung di negerinya, hingga mengimpor alat dan bahan-bahan untuk memasak masakan Korea ini. Hal ini karena prospek bisnis kuliner masakan Korea di Indonesia masih bagus dan masih terus berkembang. Kali ini tipsberbagi.com akan membagikan beberapa resep masakan ayam Korea.

Masakan Ayam Ala Korea

pickupimage.com

Ayam Pedas Korea

Buat kamu pecinta masakan-masakan pedas, Korea juga punya menu ayam pedas Korea yang biasa disebut dengan Buldak. Untuk level masyarakat Korea, buldak ini memiliki rasa yang pedasnya mantap. Mungkin berbeda cerita dengan masyarakat Indonesia yang kebiasaan makan sambel. Namun, untuk membuatnya semakin pedas bisa ditambahkan cabai sesuai dengan selera.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Buldak ini antara lain daging ayam fillet sebanyak 1 kg, cabai bubuk sebanyak ½ cup, gochujang (pasta cabe) sebanyak 2 sdm, kecap asin sebanyak 1 sdm, bawang putih sebanyak 5 siung, jahe sebanyak 1 ruas jari, lada hitam sebanyak ½ sdt dan air sebanyak 1/3 cup.

Cara membuatnya yaitu yang pertama cuci dan kupas bawang putih dan jahe kemudian cindang halus keduanya dan sisihkan. Daging ayam fillet dipotong dadu sengan ukuran yang besar atau sesuai dengan selera Anda dan taruh dalam baskom. Tambahkan bawang dan jahe, cabai bubuk, lada hitam dan gochujang. Campur rata dan diamkan selama 10 menit agar bumbu dapat merasuk ke daging ayam secara sempurna.

Rebus air yang telah disiapkan hingga mendidih, masukkan ayam yang telah diperam (diungkep). Masak dengan api sedang dengan panci dalam keadaan tertutup. Masak daging ayam selama 7 menit kemudian lakukan pengadukan. Kemudian dilanjutkan merebusnya selama 3 menit dan angkat. Sajikan ayam pedas dengan ditaburi wijen yang telah disangrai dan irisan bawang prei.

pexels.com

Ayam Goreng Saus Korea

Ayam goreng saus Korea merupakan resep memasak ayam ala Korea berikutnya yang selalu ada di setiap restoran Korea di Indonesia. Rasanya yang manis, asin, gurih dan sensasi pedasnya yang membuat ketagihan fans Korea di Indonesia.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat ayam goreng saus Korea dibedakan menjadi dua yaitu untuk ayam goreng dan saus Korea. Bahan-bahan untuk membuat ayam goreng antara lain ayam fillet yang dipotong dadu, telur 2 butir, terigu sebanyak 4 sdm, tepung beras sebanyak 4 sdm, garam sebanyak ½ sdt dan merica bubuk sebanyak ½ sdt.

Sedangkan untuk memuat saus Korea bahan-bahan yang digunakan antara lain 3 siung bawang putih yang dihaluskan, 4 sdm saus cabai, 1 sdm saus tomat, 2 sdm madu, 1 sdm kecap manis, 1 sdm gula pasir, 1 sdm cuka, minyak wijen secukupnya, dan wijen yang disangrai secukupnya.

Pertama yang dilakukan adalah membuat ayam goreng terlebih dahulu. Terigu, tepung beras, merica dan garam dicampur hingga merata. Telur yang telah disediakan dikocok lepas. Daging ayam yang telah disiapkan dicelupkan ke dalam telur kemudian masukkan ke dalam adonan tepung kering sambil ditekan-tekan. Jika menginginkan lapisan tepung yang tebal lakukan langkah tersebut sebanyak 2 kali.

Panaskan penggorengan yang telah diberi minyak goreng. Jika sudah benar-benar panas, baru masukkan ayam ke dalam penggorengan. Goreng hingga berwarna cokelat keemasan. Selanjutnya adalah membuat saus Korea.

Untuk membuat saus korea, tumis bawang putih hingga kelaur bau harumnya. Selanjutnya masukkan saus, kecap manis, cuka, madu dan gula pasir. Aduk hingga rata dan pastikan api yang digunakan untuk memasak menggunakan api kecil agar saus tidak gosong. Tambahkan garam dan koreksi rasanya. Jika kurang pas, pastikan sampai rasa yang diinginkan sesuai harapan.

Saus Korea yang sudah pas rasanya kemudian ditambahkan ayam goreng dan aduk hingga merata. Sajikan ayam dengan diberi taburan wijen yang telah disangrai dan daun bawang yang telah diiris-iris.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *